Tips Membuat Bisnis

18 Langkah Sukses Merintis Usaha

Selama menjalankan bisnis, mereka melakukan hobi sekaligus mengerjakan pekerjaan secara profesional. Alhasil mereka pun sangat menikmati manfaat pengusaha tersebut karena bagi mereka bekerja juga seperti bersenang-senang. Sebelum menjalankan kegiatan usaha, sebaiknya mendirikan badan usaha adalah langkah awal yang harus Anda ambil agar bisnis bisa berjalan dengan lancar dan aman. Bukan hanya perusahaan berukuran sedang dan besar, kini perusahaan skala menengah ke bawah pun bisa melakukan pengurusan PT untuk kelangsungan bisnisnya. Dalam perjalanan hidup, setiap orang tentu punya tujuan pribadi yang ingin dicapainya.

Faktor keberhasilan dan kegagalan wirausaha – Menjadi wirausaha yang sukses merupakan impian dari banyak orang. Tentu tidak semua wirausaha berhasil, karena ada juga yang gagal. Hal ini membuat orang-orang banyak yang takut berwirausaha karena resiko kegagalan yang membayangi.

Berwirausaha atau berdagang yang mempunyai definisi berjualan atau menjajakan barang dagangan ke khalayak publik untuk mendapatkan keuntungan sudah menjadi salah satu mata pencaharian orang banyak. Dampak adalah ukuran dari hasil yang terlihat dan tak terlihat dari sebuah aktivitas/produk/jasa. Pada dasarnya, dalam mencari sebuah ide usaha sosial, dampak yang ingin diciptakan merupakan titik awal untuk membangun usaha sosial.

Lokasi yang ramai diyakini akan membuat usahamu cepat dikenal dan menarik banyak peminat. Pilih lokasi yang strategis, yaitu dekat dengan tempat aktivitas masyarakat, kantor, sekolah, atau kampus. Sedangkan, pengusaha harus menginvestasikan sebagian penghasilannya untuk mendapatkan penghasilan yang lebih besar. Maka, ketika kita sudah memilih untuk membuka usaha, terapkanlah mental sebagai pengusaha.

Berusaha dalam usaha kita

Rasulullah memiliki sifat jujur, integritas, sikap baik dan kemampuan berdagang yang luar biasa. Pelaku bisnis yang Islami hendaknya tidak hanya mengejar keuntungan sebanyak – banyaknya sebagaimana yang diajarkan bapak ekonomi kapitalis, Adam Smith. Namun sikap ta’awun sebagai implikasi sosial kegiatan bisnisnya. Dengan kata lain dalam berbisnis bukan mencari keuntungan semata namun hendaknya didasari oleh kesadaran-memberi kemudahan bagi orang lain. Metode ini tidak hanya dilakukan oleh perorangan atau kelompok dan dalam bidang usaha saja. Jepang yang kita kenal sekarang sebagai negara maju juga menerapkan metode ATM ini.

Menurut Wibowo , wirausaha adalah orang yang terampil memanfaatkan peluang dalam mengembangkan usahanya, dengan tujuan untuk meningkatkan kehidupannya. Scarborough dan Zimmerer dalam Wibowo mengatakan bahwa wirausaha merupakan orang memiliki karakter wirausaha, dan mengaplikasikan hakikat kewirausahaan itu dalam hidupnya. Dengan kata lain, wirausaha adalah orang yang memiliki jiwa kreativitas, dan inovatif yang tinggi dalam hidupnya. Menurut Lupiyoadi dalam Astiti , mengatakan bahwa wirausaha adalah orang kreatif dan inovatif serta mampu mewujudkannya untuk peningkatan kesejahteraan diri, masyarakat dan lingkungannya. Seorang wirausaha tidak pernah lupa memikirkan kesejahteraan masyarakat sehingga mereka selalu berfikir kritis untuk selalu mencari inovasi dalam penciptaan produk untuk masyarakat.