Tips Membuat Bisnis

5 Hal Yang Dibutuhkan Agar Berhasil Dalam Memulai Usaha

Usaha menurut islam yang ideal adalah sebagaimana yang dilakukan oleh para Sahabat-Sahabat terdahulu. Usaha mereka tidak membaut mereka jauh dari islam, sosial, dan misi keakhiratan. Usaha yang dilakukan Ustman menghasilkan modal dan banyak rezeki membuat semakin terpacunya ia untuk mengeluarkan hartanya lebih besar dan diinfak-kan di jalan Allah. Tentu saja ada sangat banyak kontribusi Ustman Bin Affan seorang pengusaha ini. Gagal itu memang menyakitkan, tapi ini adalah salah satu cara untuk melatih psychological dan strategi Anda. Gagal dalam percobaan pertama tidak akan menghentikan Anda menjadi orang besar.

Berusaha dalam usaha kita

Kalau mengandalkan modal sendiri terlalu berat, kamu bisa mencari rekan bisnis supaya modal usaha yang kamu punya jadi lebih besar. Coba ajak teman yang kamu percaya serta memiliki visi dan minat yang cocok. Beberapa jenis bisnis khususnya bisnis jasa seperti katering atau sablon biasanya bisa mendapatkan modal usaha dari pembayaran yang dilakukan pembeli di awal. Uang dari pembayaran tersebut kemudian digunakan untuk memproduksi pesanan.

Pembagian keuntungan kerap kali dilakukan saat menjalankan bisnis dengan associate. Hal ini juga kerap kali mengundang konflik apabila pembagiannya berat sebelah. Namun, hal ini tidaklah terjadi bagi kita yang membuka bisnis sendiri.

Tiap usaha yang sukses selalu diawali dengan perencanaan yang matang dari pelaku usahanya. Proses planning ini penting untuk meminimalisir resiko dan potensi yang muncul ke depannya. Perencanaan harus dilakukan secara menyeluruh sehingga usaha bisa berjalan lancar. Seorang wirausaha diharuskan memiliki sifat dan karakteristik tertentu. Beberapa ciri-ciri wirausaha antara lain memiliki jiwa leadership, bersikap percaya diri, pekerja keras dan ulet, berorientasi ke masa depan, berani mengambil resiko serta selalu berpikir positif. Kelima, adanya dana alokasi khusus dari pemerintah untuk pengembangan UMKM.

Kitab Amsal di ayat ini ingin mengajarkan kita bahwa dengan bekerja keras kita akan diberi kelimpahan. Sedangkan jika kita menjadi pemalas, tidak aka nada hasilnya. Kita memang harus selalu berusaha dengan keras, namun jangan lupa untuk beristirahat.