Tips Membuat Bisnis

Ini Cara Membuat Usaha Kecil Kamu Berkembang Dengan Modal Pas

Tinggal membuatnya menjadi craft yang dilirik di pasaran, misalnya saja jam dinding, kacamata, hingga pajangan dinding. Dijamin deh, para anak muda bakal berbondong-bondong untuk memesan. Jakarta, CNBC Indonesia – Tak sedikit orang sengaja membatalkan niat mereka untuk membuka usaha karena terkendala modal.

Anda pun cukup menyiapkan garasi rumah dan etalase untuk memajang masakan yang akan Anda jual nantinya. Kalo memang dengan rugi akhirnya dapat pengalaman untuk modal bangkit kenapa takut. Uang pada umumnya dijadikan sesuatu yang berharga karena sulit untuk mendapatkan dan mudah untuk mengeluarkan. Sehingga kehilangan uang adalah sebuah momok yang menakutkan. Seringkali kita terhambat untuk memulai usaha dengan alasan “uang”. Baik usaha kecil, menengah apalagi yang besar selalu dikaitkan dengan uang.

Meskipun banyak produk baru dikenalkan, antusiasme masyarakat untuk mencobanya cukup besar. Namun, Anda bisa mengambil inspirasi dari Aldi Febian Mahabian, seorang pengusaha rental mobil. Cerita pebisnis ini menunjukkan bahwa untuk memulai bisnis, kreativitas merupakan faktor kunci, tidak melulu modal. Alasannya, bisnis pribadi memang menjanjikan keuntungan yang menggiurkan. Faktanya, hampir 54% pebisnis pribadi mengaku pendapatannya meningkat. Cari lahan yang luas agar bisa menampung lebih banyak kendaraan.

Bisnis dengan modal

Inilah contoh yang diberikan oleh Deasy Esterina, pemilik bisnis ramah lingkungan Kreskros, ketika memproduksi tas kreatif dari sampah plastik. Bisnis ini terbukti mampu menghasilkan keuntungan yang besar. Bukan tak mungkin, dari satu mobil atau motor, dapat bertambah mencapai belasan hingga puluhan kendaraan yang bisa disewakan. Siapa bilang bisnis budidaya ikan hanya untuk orang yang punya keahlian beternak ikan saja? Ternyata siapapun bisa menggelutinya, termasuk Anda pensiunan PNS.

Untuk mendapatkan keuntungan toko kelontong yang maksimal, kamu bisa menyusun strategi pemasaran. Perhitungan yang sebenarnya akan tergantung pada barang yang dibeli dan keuntungan harian. Kalau kamu merasa masih belum percaya diri untuk terjun penuh menjalankan dan mengawal bisnismu karena modal yang pas-pasan, mungkin cara terakhir ini bisa kamu terapkan. Mulailah dengan rajin melakukan riset terhadap apa yang sedang menjadi tren di masyarakat.