Pengusaha Muda

Pakar Ugm Prediksi Situasi Ekonomi Bila Pandemi Masih Berkepanjangan

Pastikan kamu menerapkan bodily distancing, yaitu menjaga jarak dengan orang lain sejauh 1–2 meter, baik dalam perjalanan maupun di tempat kerja. Hal ini perlu dilakukan untuk mencegahmu menghirup percikan ludah orang lain saat mereka bicara, batuk, atau bersin. Jika dibiarkan, dua contoh anakronisme perspektif di atas menjadi penghambat penanganan persebaran pandemi Covid-19 yang pergerakannya semakin liar, masif, dan eksponensial. Wajar saja jika tingkat mortalitas akibat persebaran virus ini di Indonesia termasuk yang tertinggi di Asia Tenggara (8,46%) akibat kengototan sikap-sikap non-ilmiah tersebut.

Situasi Pandemi

Sebut saja, kata Haedar, soal pelarangan mudik dan pembukaan tempat wisata beberapa waktu lalu. Pandemi COVID-19 yang menghantam Indonesia selama tiga bulan terakhir tidak dipungkiri membawa pengaruh yang signifikan terhadap sektor perekonomian. Pemberlakuan PSBB secara langsung ataupun tidak, telah berdampak pada sektor industri yang harus mengurangi biaya produksi dengan menutup pabrik, merumahkan Situs Slot Judi Online Resmi di Indonesia karyawan, hingga melakukan PHK, sebagai upaya rasional dalam merespons penurunan jumlah permintaan dan pendapatan. Hal ini membawa efek domino seperti meningkatnya jumlah pengangguran dan penurunan kualitas hidup masyarakat. Pemerintah pun harus mengeluarkan dana yang tidak sedikit dari anggaran negara untuk menyediakan stimulus dalam rangka menopang berbagai sektor yang terdampak.

Namun di sisi lain, gerakan ini menimbulkan dampak negatif bagi beberapa kalangan masyarakat. Seperti penjual kaki lima, ojek on-line dan para penjual yang mengandalkan kehidupannya melalui penghasilan sehari-harinya dan masih banyak lagi. Beberapa dari orang tersebut harus tetap berjuang mencari nafkah untuk keluarganya meski penghasilan mereka semakin berkurang.

Ketiga, diplomasi juga dilakukan dalam upaya kerja sama pengadaan obat dan vaksin. Sementara di dalam negeri, Indonesia juga fokus dengan pengembangan vaksin secara nasional. Keempat, Kemenlu juga masih terus mengembangkan upaya diplomasi dalam bidang sosial dan ekonomi. Dalam studi terbaru yang dilakukan oleh ilmuwan Harvard, opsi lockdown tidak cukup untuk menghentikan penyebaran. Mereka bahkan memperkirakan bodily distancing atau menjaga jarak akan berlangsung hingga 2022.

Alih-alih, konstruksi non-ilmiah tersebut justru semakin memperburuk persebaran pandemi dimaksud. Sebelumnya ia juga tergabung dalam tim gamer yang cukup disegani di kota Malang. Namun ia memutuskan berpindah tim lantaran ingin mencoba hal baru di recreation lain. Ia juga mengaku melakukan latihan individu di skill pubg cukup lama, sekitar 1 season ia baru mulai bisa menguasai gamenya.